Ads 468x60px

Sabtu, 07 Januari 2012

WONDERFUL TOURISM IN NUSA TENGGARA BARAT


WONDERFUL TOURISM IN NUSA TENGGARA BARAT

Ryan Permata Putri

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Saat ini, Indonesia memiliki 33 provinsi dan salah satu kepulauan yang dimiliki Indonesia yakni Kepulauan Nusa Tenggara. Kepulauan Nusa Tenggara dibagi menjadi dua perbatasan wilayah yakni bagian barat dan bagian timur. Perbatasan wilayah bagian barat yang biasa kita kenal dengan Nusa Tenggara Barat dengan ibu kotanya Mataram.

Aku lahir di sebuah daerah Kepulauan yaitu Nusa Tenggara bagian barat. Aku seorang remaja yang masih mencari jati diri. Dengan segenggam perjuangan aku merantau ke Ibu kota Indonesia yaitu DKI Jakarta. Alhamdulilah, aku telah terdaftar sebagai mahasiswa yang mendapat beasiswa penuh di salah satu perguruan tinggi pariwisata di Jakarta.

Sangat berhubungan untuk ku menjelaskan tentang potensi pariwisata di daerah asal dimana aku lahir. Selain aku yang berkutat dengan potensi tempat wisata di Indonesia sekaligus Nusa Tenggara Barat merupakan daerah yang akan menjadi gerbang pariwisata Indonesia.

Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang mengandalkan wisata alam untuk menjadi kekuatan dalam  potensi pariwisata sedangkan wisata budaya hanya sebagai penunjang dalam sektor pariwisata. Keunggulan, keindahan dan kebanggan banyak terlahir dalam sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Salah dua pulau terbesar dan terkenal di provinsi ini merupakan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Terdapat lima belas kawasan wisata unggul dalam Pengembangan Kawasan Wisata di Nusa Tenggara Barat. Sembilan diantaranya berada di Pulau Lombok dan enam lainnya berada di Pulau Sumbawa.
Pantai Senggigi salah sembilan dari kawasan potensial dan unggul di Pulau Lombok bagian barat. Pantai ini sangat terkenal keindahannya danjarak tempuh dari Bandara Ampenan memerlukan waktu setengah jam untuk mencapai kesana.

Di pantai yang asri ini dapat kita temui Batu Bolong dengan berjalan kaki. Sebuah pura yang unik dan tidak dapat ditemui di daerah lain ini dibangun diatas karang tepi pantai, menurut legenda masyarakat setempat dahulu banyak wanita yang menerjunkan diri ketempat ini karena patah hati. Dan luar biasanya wisatawab dapat melihat wisata Gunung Agung di Pulau Bali dari Batu Bolong ini.
Selain terkenal dengan daerah tujuan wisata yang menarik, ternyata Nusa Tenggara Barat memperoleh prestasi yang sangat membanggakan dalam bidang pariwisata. Aku bangga menjadi warga Nusa Tenggara Barat.

Dengan bertepatnya Hari Pariwisata Indonesa pada tanggal 27 September 2011, Bapak Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik, memberikan penghargaan kembali terhadap pengelolaan taman nasional Gunung Rinjani khususnya manajemen pendakiannya mendapat Cipta Award 2011. Juga pengelolaan Aman Wana Resort di Pulau Moyo meraih anugerah serupa dalam katagori berbeda.

Ini merupakan penghargaan kedua yang diraih oleh Nusa Tenggara Barat karena setahun lalu juga mendapat penghargaan serupa dalam kategori pengelolaan kawasan wisata alam oleh masyarakat. Dengan begitu, dapat mempercepat perealisasian satu juta kunjungan wisatawan ke NTB yang ditargetkan pemerintah pada 2012 mendatang. Dengan kata lain, Nusa Tenggara Barat akan menjadi gerbang pariwisata di Indonesia.
Panitia menganugerahkan juara pertama kepada Rinjani dengan kategori daya tarik wisata alam yang dikelola oleh LSM karena begitu besarnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga kawasan tersebut. Dan pengelolaan ini begitu unik serta mengalahkan destinasi lain.

Hebatnya Gunung Rinjani berhasil menyisihkan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggran kabupaten Gunung Kidul DIY Jogjakarta dan Kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dengan sebuah penghargaan ini Gunung Rinjani menobatkan diri sebagai juara bertahan berturut-turut untuk dua tahun terakhir dalam katagori yang sama. It’s wonderful !

Nusa Tenggara Barat punya pulau yang sangat terkenal dengan keindahan yaitu Pulau Moyo yang terletak di sebelah utara Sumbawa . Pulau Moyo mempunyai obyek wisata darat dan laut. Keistimewaan Pulau Moyo juga punya Hutan tropis pulau Moyo yang merupakan habitat kawanan binatang yang dilindungi, juga terdapat air terterjun bertingkat mata jitu. Wisata baharinya menyediakan keindahan panorama bawah laut yang alami untuk kegiatan menyelam. Hal bersejarah yang paling luar biasa yang membuat aku sebagai warga Nusa Tenggara Barat tidak berhenti untuk bahagia karena Lady Diana dari kerajaan Inggris dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah datang berlibur ke Pulau Moyo. I’m proud be people of NTB !

Selain itu Nusa Tenggara Barat mempunyai Gunung Rinjani merupakan gunung yang berlokasi di Pulau Lombok. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia  dengan ketinggian 3.726 m  merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Hebatnya Gunung Rinjani ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.
Aku bangga dengan daerah dimana aku lahir yaitu Nusa Tenggara Barat, aku berjanji setelah aku menyelesaikan studiku hingga S1 aku akan kembali ke daerah asal ku dengan membawa segenap tanggung jawab untuk memajukan potensi pariwisata di Nusa Tenggara Barat yang belum berkembang. Aku mengabdi padamu negeri demi kemajuan dan kesejahteraan Republik Indonesia. I always proud to be Indonesian. I am be proud to be people of Nusa Tenggara Barat. Everything because i love my country and i love my Nusa Tenggara Barat !!


0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts