Ads 468x60px

Sabtu, 07 Januari 2012

1. DASSAR (Dreaming, Serching, Selecting, Applying, Realizing)


Kesuksesan itu berawal dari mimpi, kegagalan pun berawal dari mimpi. Mimpi itu mengandung banyak makna dan manfaat bagi setiap orang. Jangan pernah takut untuk bermimpi karena bermimpi merupaka suatu dorongan untuk kita melangkah mewujudkan mimpi tersebut. Tetapi jangan salah dalam menfsirkan mimpi tersebut, jika kita salah menafsirkan hal tersebut akan berubah menjadi kegagalan.

 Semua orang didunia pasti mempunyai mimpi. Berlombalah untuk bermimpi setinggi langit karena kita akan merasakan kesakitan pula jika kita gagal dalam mewujudkan mimpi tersebut. Tidak ada yang salah karena kegagalan itu merupakan pengalaman dan pelajaran bagi seseorang untuk memperbaiki diri sebaik mungkin.
Jangan hanya bermimpi saja, jaman sekarang jika kita hanya bermimpi kita tidak akan mampu untuk menjalani persaingan global. Sebelum mewujudkan mimpi tersebut, kita pasti mencari-cari informasi bagaimana mewujudkan mimpi kita tersebut. Setidaknya mencari informasi itu tidak berbeda dengan sebuah perencanaan. Kita mencari informasi agar kita dapat mengetahui rintangan, hambatan apa yang terjadi serta persyaratan apa saja untuk mencapai kesuksesan dari mimpi tersebut.

Ketika sedang mencari informasi, kita harus memilih informasi tersebut. Hidup ini sebuah pilihan, dimana selalu ada buruk dan ada yang baik dari setiap hal. Kalau kita ingin menuju kesuksesan, carilah sebanyak-banyaknya informasi baik untuk menuju kesuksesan tersebut. Tetapi jangan juga abaikan informasi buruk, kita tetap harus mengetahui informasi buruk karena baik atau buruk informasi itu berguna dalam pencapaian kesuksesan dari mimpi tersebut. Informasi itu bak ilmu yang terus mengalir, jika kita mengetahui banyak informasi mau itu baik ataupun buruk, pengetahuan kita akan sesuatu hal pun lebih mendalam dan dengan sendirinya akan mahir menentukan dan mudah menerapkan informasi tersebut. Selalu ingat prinsip terapkan yang baik dan hindari penerapan yang buruk. Itu kunci sederhana dari kesuksesan...

Hal terpenting untuk menuju kesuksesan yaitu dengan “menerapkan” informasi yang telah kita cari dan pilih. Menerapkan segala sesuatu yang baik dan menghindari segala hal buruk demi tercapainya sebuah kesuksesan. Di dalam menerapkan inilah akan dinamakan proses perjuangan, dimana  dalam proses ini kita akan menemukan banyaknya hambatan, rintangan dan jalan buntu untuk meraih kesuksesan. Tetapi jangan sekali-kali untuk menyerah dan harus memiliki mental yang kuat ketika hal lain yang tak terpenuhi .
Perencanaan yang baik bukan berarti kita tidak menemukan hambatan dalam penerapan mimpi ini. Terkadang Informasi yang kita cari dan pilih bisa saja terjadi kekeliruan dimana itulah merupakan hambatan yang akan kita hadapi dan kita cari jalan keluarnya.

Dalam sebuah perjuangan tentu akan mendapatkan buah hasil dari apa yang telah kita terapkan. Tentu saja akan terjadi sebuah feedback, apakah itu kesuksesan ataukah kegagalan? Semua ini hanya diri kita pribadi yang bisa menjawab dan menentukan kemana langkah ini akan terarah. Layaknya kanan menggambarkan kesuksesan ataukah kiri menggambarkan kegagaglan. Dari hasil tersebut betapa kita menyadari pentingnya sebuah perjuangan dan tiada henti=hentinya pribahasa ini selalu terngiang “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Jadi, buat yang ingin sukses bersakit-sakitlah dahulu !

Semua langkah sudah kita lalui lalu apakah perjuangan ini akan berahir? Tentu belum, jika kita belum merealisasikannya. Makna realisasi lebih luas dari penerapan dimana kita harus mempertahankan, menjaga, memperbaiki diri dan bertanggung jawab dari hasil perjuangan kita. Jika kita sudah mencapai kesuksesan tentu kita harus merealisasikan mimpi itu bagaimana mempertahankan segalanya yang sudah didapat, menjaga  kesuksesan teresebut agar selalu abadi dengan cara membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada orang lain serta bertanggung jawab dimana ilmu yang didapat setelah sukses harus dipertanggungjawabkan perjuangannya. Jangan sampai kita menuju kesombongan atau kelalaian dalam merealisasikan kesuksesan tersebut.

Sebuah langkah DASSAR jika diterapkan dalam penggunaan dan pemanfaatan internet yaitu pertama diawali dengan bermimpi menjadi seorang penulis. Kita memang hobi dalam menulis tetapi belum tentu kita mempunyai bakat menulis. Karena itu, proses dream sangat berperan penting dalam menuju kesuksesan keinginan menjadi penulis.

Ketika bermimpi menjadi penulis, tentu kita akan mencari informasi yang berkaitan dengan penulis yaitu informasi, buku ataupun cara penulisan tersebut. Itulah yang dinamakan proses mencari atau searching. Setelah mencari informasi kita akan memilih serta mengetahui informasi-informasi tentang bagaimana cara menulis kreatif atau buku-buku mana saja yang akan menjadikan referensi bagi kita dalam menjalankan profesi sebagai seorang penulis.

Tahap yang lebih penting yaitu applying atau menerapkan informasi-informasi yang telah kita cari, pilih dan dapati kita terapkan dengan mengukir kata-kata kita dalam sebuah tulisan yang nantinya akan menjadi satu cerita kreatif. Dalam proses penerpan ini akan menghasilkan suatu nilai berbentuk sukses ataukah gagal?. Jika ingin sebuah tulisan tersebut sukses dan dibaca, digemari serta diterbitkan oleh kalangan masyarakat kita harus mengetahui bagaimana teknik-teknik yang tepat dalam penulisan. Salah satunya bisa dengan melihat referensi buku orang-orang terkenal dan banyak cara lagi. 

Dan yang tidak kalah penting untuk menjadi penulis yang hebat disetiap karya harus dipublikasikan salah satunya dengan media internet. Kita dapat mempublikasikan tulisan kita di blog, jejaring sosial atau situs-situs yang menawarkan jasa tulisan kita seperti www.jadiberita.com.

Setelah sukses menjadi seorang penulis seyogyanya haruslah merealisasikan tulisan tersebut dalam bentuk nyata seperti apa yang dituliskan oleh kita harus benar adanya karya original kita dan bukanlah berupa sebuah karya orang lain. Proses realisasi inilah lebih ke tanggung jawab setelah meraih apa yang kita dapat.


12 komentar:

Dimas mengatakan...

impian yang bagus, terus berkarya gan !

Grace mengatakan...

sebenarnya,, gw pernah bermimpi jadi penulis..
Tapii,, sekarang jadi berubah.. :D
Thanks buat DASSARnya kawan..
Sukses terus yaaah..
:))

Anonim mengatakan...

Bisa juga nih DASSARnya.. :))

No name mengatakan...

Maju terus gaaan....

veriver21 mengatakan...

terimakasih udah mau ngingetin tentang kekuatan mimpi2 ya put

Anonim mengatakan...

iyaaa..
makasih yaa Put..

Ryan Permata Putri mengatakan...

@ Dimas : thanks ya agan yang ganteng

Ryan Permata Putri mengatakan...

@ tante gege : kenapa berubah ge? ayoo jadi penulis..kalahin radithya dika !!! samasama, makasih ya tante egez, ihhh kisshug :*

Ryan Permata Putri mengatakan...

@ veriver : wah samasama fer, sukses ya UASnye...hee

Ryan Permata Putri mengatakan...

buat semuanya thanks ya udah mampir untuk komentar, yuhuuu seneng nih :P

dimas ganteng mengatakan...

haha yang ini udah DASSAR

Hadi mengatakan...

like this juga

Posting Komentar

Recent Posts