Ads 468x60px

Sabtu, 07 Januari 2012

2. I Have a Dream to be a Success Business Woman Online

Menjadi seorang mahasiswa bukan berarti harus berdiam diri dalam kesibukan perkuliahannya. Tetapi seorang mahasiswa harus menjadi pribadi yang kreatif dalam segala hal. Salah satunya dalam berbisnis online.

Tidak banyak di negara Indonesia, mahasiswa yang memiliki keinginan menjadi seorang pengusaha. Lebih banyak pemuda Indonesia yang memiliki mimpi menjadi seorang dokter, sutradara, general manager atau semacamnya. Pemuda Indonesia pun  lebih senang bekerja dengan orang lain dari pada harus memikirkan bagaimana berkarya dan memiliki salah satu perusahaan.

Hal ini dapat kita temui dari kehidupan sehari-hari pelajar yang bersandang status sebagai mahasiswa. Mahasiswa lebih suka bekerja sebagai partimer atau freelancer, karena pemuda Indonesia sesungguhnya menghindari kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam berbisnis. Yap, hambatan mahasiswa dalam berbisnis itu adalah modal dan mental menjadi seorang wirausaha.

Hambatan lain yang terjadi di Indonesia dengan banyaknya pengangguran di Indonesia. Faktor pengangguran yang terjadi di Indonesia salah satunya kurangnya ilmu yang tidak ditanam sejak dini menjadi seorang wirausaha. Banyak pelajar di Indonesia contohnya lulusan sarjana yang menganggur penyebabnya karena mereka gengsi dengan pekerjaan yang berawal dari bawah atau salah jurusan yang menganggap itu tidak sesuai. Banyak pelajar di Indonesia berhenti berkarya karena mereka terlalu berharap untuk menjadi manager dalam sebuah perusahaan.

Sebetulnya, sekilas mata saya memandang dan ingin sekali membuka mata pemuda Indonesia lebar-lebar. Bahwasanya dengan berbisnis, secara tidak langsung telah membuat diri kita lebih mandiri dan tentunya pandai mengatur manajemen secara tidak langsung. Pasti kalau ada mahasiswa yang mempunyai hobi berbisnis dan beruntungnya mata kuliah manajemen pun berlangsung sama waktunya pasti akan mahir dan nyambung dalam mempelajari manajemen tersebut. Karena manajemen secara tidak langsung berkutat dalam kehidupan bisnis seseorang.


Bisnis online merupakan salah satu mimpi saya yang akan saya wujudkan di tahun 2012 ini. Saya ingin menjadi pribadi mandiri dan kreatif dalam berkarya dan berguna bagi semua orang. Tentu saja saya membutuhkan sarana dan prasarana dan memadai. Karena saya seorang mahasiswa yang mempunya modal kecil jadi bisnis ini akan saya bangun benar-benar dari bawah sekali.

Sudah jelas dalam pemasaran online saya membutuhkan yang namanya etalase elektronik. Hal ini serupa saya dapatkan ilmunya dalam mata kuliah saya. Jadi beruntunglah saya dan langsung saja saya manfaatkan ilmu ini dalam berbisnis online. Dalam berbisnis empat prinsip marketing mix harus diterapkan yang dikenal dengan istilah 4P (Price, Promotion, Place and Product).

Dimulai dengan produk, segala sesuatu yang paling penting yang dibutuhkan dalam pemasaran yaitu product. Karena product berperan penting dalam pemasaran bisa berupa jasa atau barang. Product harus ditetapkan lebih dahulu dari 3P marketing mix yang lain, karena jika kita menetapkan product pada bagian kedua atau terakhir kita tidak dapat memasarkan apa yang akan kita pasarkan karena kita belum menentukan produk.

Product telah ditentukan apa jenisnya dan bagaimana bentuknya, sebelum memilih product kita harus tahu segala informasi product tersebut secara detail. Ini bertujuan untuk menuju langkah ke 3P marketing mix selanjutnya. Langkah selanjutnya dengan menentukan harganya berapa. Yang namanya berbisnis memasarkan produk. Sebuah produk harus mempunyai harga jual. Penentuan harga ditentukan berdasarkan pertimbangan dari harga asli, keuntungan dan hal-hal yang mengeluarkan biaya dalam membuat produk tersebut.

“P” yang tidak kalah penting dari yang lain dimana kita harus menentukan tempat untum memasarkan produk menggunakan media internet. Dalam bisnis online, tentu saja kita butuh Place yang tepat seperti media jejaring sosial semacam facebook atau twitter atau blog pribadi punya kita sendiri atau jika mempunya modal untuk membuka lahan dalam dunia amaya seperti website.  Dengan place kita dapat menyalurkan segala kegiatan bisnis kita ditempat ini dengan gampang dan mudah.

Rasanya pun belum lengkap jika tidak mempromosikan produk tersebut kepada khalayak orang. Dengan promosi kita dapat mengukur produk tersebut seberapa berguna dan penting dalam kebutuhan masyarakat. Ini juga yang biasa disebut dengan pemasaran online dimana di dalam website sebagai placenya dan promotionnya yaitu berisikan postingan-postingan kita di website tersebut. Dapat berupa iklan, katalog, forum, bulletin board atau semacamnya.

Resolusi berbisnis online sudah banyak peminatnya di tahun 2012 ini dan semoga salah satunya itu saya. Saya berencana ingin berbisnis online, berbisnis online disini bisnis yang dikembangkan secara online seperti layaknya banyak juga jenis-jenis bisnis online di dunia ini.

Dari sebuah produk, karena saya hobi menulis saya ingin mengembangkan tulisan saya untuk dijadikan sebuah buku dan pada akhirnya akan saya jual ke khalayak orang. Selain berguna bagi semua orang juga berguna untuk pribadi saya sendiri. Saya pun ingin mengembangkan tulisan dalam bentuk budaya dan pariwisata di Indonesia.

Setelah ada produk pasti ada price, dalam pertimbangan harga pun akan saya sesuaikan dengan kantong para pelajar di Indonesia karena kalau terlalu mahal pun tidak ada yang tertarik dengan buku saya
Place yang sudah saya tentukan tentu saja yang telah saya punya tidak jauh-jauh facebook, blog dan twiter saya setia dalam menemani saya melakukan kegiatan bisnis online. 

Dimana nanti promotionnya akan saya buat iklan di media-media seperti facebook, twitter atau blog saya pribadi.Dan pemasaran online akan dibutuhkan suatu paket internet komplit, jaringan internet yang akan saya gunakan yaitu TELKOM SPEEDY yang berperan penting dalam kelancaran berbisnis saya.

Kesimpulannya, kesuksesan itu berawal dari sebuah tekad, tekad untuk menjadi seorang pebisnis muda contohnya. Jangan takut untuk melakukan kegiatan bisnis karena bisnis mendatangkan banyak manfaat salah satunya kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri. Tanamkan sifat ingin berwirausaha dari dini karena pengangguran di Indonesia sudah terlalu banyak dan tidak cukup untuk menampung. Jika kita harus terpaku dengan sebuah pekerjaan mengapa tidak kita berpaling menjadi pebisnis muda bahkan kita dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. Tetep semangat jalani hari........GANBATTE GUYS !!!!


9 komentar:

Anonim mengatakan...

Gw doain dah semoga impiannya menjadi kenyataan.. :)
Dengan syarat, elo juga doain gw.. :D
Sukses teruss gan.. (y)

Anonim mengatakan...

Enak juga nih kayaknya jadi business woman/man online..
tapi,, kadang-kadang banyak penipuan jugaa..

Grace mengatakan...

I want to be a success business woman ! ! !

Felicia mengatakan...

Aseeekk..
Etalase Elektronik..
Ehm.. Anak UPW bangett nih..
Sukses teruss yaa Put.. :DD

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ryan Permata Putri mengatakan...

Anonymous : Doaku selalu menyertai mu...makasi buat doanya aku pasti mendoakanmu...gbu gan :*

Ryan Permata Putri mengatakan...

@ Tante grace : Ya, So do I tante... amien impian yang mulia, semoga terkabul, makasi tante gege...

Ryan Permata Putri mengatakan...

@felicia : asikk upw juga nih...bu derinta bu der....makasi yak gbu fel :*

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002481492221 mengatakan...

amien dah kak gue doain :P

Posting Komentar

Recent Posts